EVOLUTION of TELEVISION

TV atau bakunya Televisi. siapa sih yang gak tau kotak bergambar ini. bahkan untuk di zaman sekarang ini Tv udah jadi salah satu the must have item di rumah. Butuh gak butuh , positif negatif manfaatnya. tapi terlepas dari itu semua, tv gak bisa dipisahin dari hidup kita sebagai manusia. karena elektronik yang satu bisa sebagai sarana hiburan, media informasi dsb.

TV dari zaman ke zaman


ngomongin tentang TV enaknya sambil kita inget-inget lagi evolusi dari tv itu sendiri. mulai dari yang paling sederhana sampai akhirnya bisa jadi sekompleks ini. mulai dari hitam putih hingga berwarna, dari layar cembung hingga ke LED, dari analog hingga ke digital. semua ada prosesnya..





sejarah awal TV:

TV pertama kali ditemukan ketika sekitar perang dunia kedua. tahun 1873 seorang telegram Valentia-Irlandia Joseph May bersama Willoughby Smith melakukan beberapa percobaan yang menjadi cikal bakal dari teknologi perekaman gambar. dilanjutkan dengan penemuan Paul Nipkow-Berlin menjadi penemu cikal bakal televisi.1920 John Logie Baird (1888-1946) dan Charles Francis Jenkins (1867- 1934) menggunakan piringan karya Paul Nipkow untuk menciptakan suatu sistem dalam penangkapan gambar, transmisi, serta penerimaannya.



berjalannya waktu perkembangan tv elektronik tersendat untuk berkembang, dikarenakan tv mekanik lebih murah dan tahan banting. Vladimir Kosmo Zworykin dan Philo T. Farnsworth berhasil dengan TV elektroniknya dengan biaya murah, sehingga masyarakat berangsur-angsur pindah ke TV elektronik.

Step 2: TV elektronik
di taun 1935 Farnsworth dan Zworykin sama-sama merencanakan untuk memancarkan siaran full elektronik. sebelumnya  Baird television telah berhasil memancarkan siaran dengan sistem mekanik secara keseluruhan. saat itu ukuran dari Telivisi sendiri hanya berkisar 3-8 inchi sehingga persaingan antara sistem mekanik dan elektronik tidak terlihat nyata secara tampilan, namun ada.

Tahun 1941 terhadi penstandarisasian sistem transmisi siaran America kedalam standard evolusi tv elektronika terbaru.

Step 3: TV Berwarna
Kendala terjadi di era TV berwarna ini karena TV berwarna yang saat itu beredar tidak kompatibel dengan TV Hitam-Putih. Dengan beracuan pengalaman CBS sebelumnya, RCA menyusun format warna sendiri. sehingga tanpa butuh waktu lama mereka berhasil menciptakan format warna yang diterima semua sistem warna hitam putih. sehingga saat itu NTSC menjadi standarisasi penyiaran.

Step 4: IPTV
IPTV, atau Internet Protocol Television merupakan perkembangan termaju saat ini. seiring dengan berjalannya waktu serta perkembangan teknologi, Telivisi pun mengalami penambahan serta perbaikan dalam sisi teknologinya sehingga era TV analog kini telah berubah menjadi era TV digital yang tentunya kinerja serta kualitas jauh lebih baik dibandingkan dengan era-era TV sebelumnya.

sumber: klik aja

0 komentar:

Posting Komentar