OpenGL Bangun Ruang 2D

Mata Kuliah : Grafik Komputer


Dosen                   : Adang Suhendra
Dosen Pengganti : Agam Adityas


Kelas : 3IA11

Anggota Kelompok:
1. Flashinta Tami
2. Maretha Tiara
3. Qurrota Aini
4. Riza Maryuni
5. Sabrina Sebtiani
6. Theresia

SEKILAS OpenGL
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas-platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana. 

OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Incs (SGI) pada tahun 1992 dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba yaitu Khronos Group.

DOWNLOAD OpenGL
Install Open GL nya  disini : download disini

STRUKTUR PADA OpenGL 
Includes
Function Declarations
WinMain
OpenGL animation code
shutdown OpenGL
Destroy the window explicitly
Window Procedure
Enable OpenGL
Disable OpenGL

OpenGL FUNCTION FORMAT




MULAI

 Untuk memulai Open GL pilih menu file>new>project

pilih multimedia > OpenGL

PROGRAM MEMBUAT BANGUN RUANG

GARIS
Listing Program
 
Output Garis
 

KOTAK
Listing Program


 Output Kotak

SEGITIGA
Listng Program
 
Output Segitiga

POLYGON
#include  
void buat(void) 
     glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
     glBegin(GL_POLYGON);
    glColor3f(0.0,1.5,0.0); /* ijo */
glVertex2f(0.0,0.75);
glColor3f(1.0,0.0,0.0); /* merah */
glVertex2f(-0.5,-0.5);
glColor3f(0.0,0.0,1.0); /* biru */
glVertex2f(0.5,-0.5);
glColor3f(1.0,1.0,0.0); /* kuning */
glVertex2f(0.75,0.25);
glColor3f(0.0,1.0,1.0); /* biru langit*/
glVertex2f(-0.75,0.25);
glColor3f(1.0,0.0,1.0); /* ungu */
glVertex2f(-0.5,-0.5);      
     glEnd();
     glFlush(); 
}
  
int main(int argc, char **argv) 
    glutInit(&argc, argv); 
    glutInitWindowSize (300, 300); 
    glutCreateWindow("polygon");
    glutDisplayFunc(buat); 
    glutMainLoop(); 
    return 0; 
}
 Listing program

Output Polygon
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar