Manusia tanggung jawab dan Kegelisahan

tanggung jawab

atau responsibility anggung jawab adalah sesuatu yang harus kita lakukan agar kita menerima sesuatu yang di namakan hak.

Tanggung jawab merupakan perbuatan yang sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,karena tanpa tanggung jawab,maka semuanya akan menjadi kacau.Contohnya saja adalah jika seorang ayah tidak melakukan tanggung jawabnya mencari nafkah,maka keluarganya akan sengsara. Bagaimanapun juga tanggung jawab menjadi nomor satu di dalam kehidupan seseorang.

Dengan kita bertanggung jawab,kita akan dipercaya orang lain,selalu tepat melaksanakan sesuatu,mendapatkan hak dengan wajarnya. Seringkali orang tidak melakukan tanggung jawabnya,mungkin di sebabkan oleh hal hal yang membuat orang itu lebih memilih melakukan hal di luar tanggung jawabnya.Sebagai contohnya,seorang pelajar mempunyai tanggung jawab belajar, sekolah,tapi karena ada game/ajakan teman yang tidak baik untuk bolos sekolah,maka seorang anak itu bisa saja melalaikan tanggung jawabnya untuk bermain/bolos sekolah.

Jika kita melalaikan tanggung jawab,maka kualitas dari diri kita mungkin akan rendah.Maka itu,tanggung jawab adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan,karena tanggung jawab menyangkut orang lain dan terlebih diri kita.

Seperti saya, saya sebagai mahasiswa memiliki tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa dan seorang anak

sebagai mahasiswa saya harus bertanggung jawab atas kelangsungan akademikku. melakukan yang terbaik, serta berusaha semaksimal mungkin untuk membahagiakan orang tua sebagai ungkapan terimakasih atas pengorbanan serta kepercayaan mereka.

sedangkan sebagai anak, kewajiban kita adalah berbakti kepada oran tua untuk menjadi seorang anak yang baik dan anggota keluarga yang respect terhadap keluarganya. membantu ibu memasak serta pekerjaan rumah, tidak membangkang, dsb. dengan menjadi anak yang baik kita bisa mendapatkan hak kita secara adil.

KEGELISAHAN

Kegelisahan atau kerisauan merupakan kondisi dimana perasaan seseorang khawatir atau takut akan sesuatu hal menjadi buruk

Kegelisahan yang timbul dalam diri kita sebenarnya dibuat oleh kita sendiri, kita ciptakan mereka di dalam pikiran kita melalui ketidakmampuan ataupun kegagalan untuk mengerti bahaya perasaan keakuan dan melalui khayalan yang melambung serta kesalahan dalam menilai setiap kejadian atau benda. Hanya jika kita dapat melihat suatu kejadian atau benda dengan apa adanya, bahwa tidak ada sesuatu apa pun yang kekal di dunia ini dan bahwa keakuan kita sendiri merupakan khayalan liar yang membawa kekacauan dalam pikiran yang tidak terlatih.

Namun kegelisahan itu sendiri sebenarnya dapat teratasi jika kita bisa serileks mungkin dalam menghadapinya. jangan terlalu kdibawa stress dahulu karena segala sesuatu itu pasti ada jalan keluarnya.

Saya pernah menghadapi kegelisahan ketika akan memasuki perguruan tinggi. Mendaftar kesana dan kesini ke perguruan tinggi terkemuka dan sekolah tinggi demi melanjutkan studi. Merantau jauh dari orang tua yang berada di lampung ke negeri orang. mengikuti les disana-sini selama 6jam setiap harinya. pergi tes ke jakarta pagi-pagi dengan jarak yang cukup jauh. semua adalah bagian dari usaha demi mengatasi kegelisahn diri, "akan kemanakah aku berkuliah?"

meski aku sudah diterima di sastra jerman UI, namun jurusan itu tidak memenuhi kriteria dari jurusan yang aku inginkan makanya di akhir2 tahun ajaran aku berusaha semaksimal mungkin untuk diterima. berbagai halangan dan rintangan telah ku alami, sakit pahit sudah sering ku rasakan. terkadang ingin menangis, marah dan kesal karena belum memiliki tujuan yang pasti.

dan alhasil aku mendapatkan jurusan yang benar-benar ku inginkan, meski harus jauh dari orang tua namun aku bersyukur, banyak hikmah dibalik semua itu :)
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar