Komputasi Cloud

Cloud computing merupakan tren baru dibidang komputasi terdistribusi dimana berbagai pihak dapat mengembangkan dan layanan berbasis SOA(Service Oriented Architecture) di jaringan internet.

Cloud Computing menurut wikipedia adalah 
gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. 
Cloud computing merupakan suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. contoh, Google Apps dan email berbasis web mail adalah contoh yang paling sering ditemui mengenai cloud computing

Komputasi Grid:
Komputasi Grid adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer yang terdistribusi dan terpisah secara geografis untuk memecahkan persoalan komputasi dalam skala besar.
Virtualisasi:
Virtualisasi merupakan sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut

Distributed Computation:
Tujuan dari komputasi terdistribusi adalah menyatukan kemampuan dari sumber daya (sumber komputasi atau sumber informasi) yang terpisah secara fisik, ke dalam suatu sistem gabungan yang terkoordinasi dengan kapasitas yang jauh melebihi dari kapasitas individual komponen-komponennya.

Map reduce dan noSQL(Not Only SQL) :
Map reduce merupakan sebuah framework pemrograman yang digunakan untuk memproses data dalam rukuran besar, biasanya digunakan pada komputasi terdisribusi dalam kumpulan komputer.

Map Reduce adalah konsep dimana data yang kontinu dipecah menjadi komponen data kecil dan didistribusikan di mesin-mesin yang terhubung secara cluster. File system terkenal yang memanfaatkan konsep ini adalah Google File System (GFS) dan digunakan oleh Google sejak awal perkembangannya sampai sekarang.

NoSQL merupakan tipe database yang berbeda dengan konsep RDBMS ataupun ODBMS. 
Perbedaan:
- tidak mengenal istilah relation dan tidak menggunakan konsep schema. jika biasanya kita menggunakan query ‘Join’ di sini kita tidak daat menggunakannya karena setiap tabel berdiri sendiri tanpa tidak bergantung dengan tabel lainnya


NoSQL Database
NOSQL adalah istilah untuk menyatakan berbagai hal yang didalamnya termasuk database sederhana yang berisikan key danvalue seperti Memcache, ataupun yang lebih canggih yaitu non-database relational seperti MongoDB, Cassandra, CouchDB, dan yang lainnya.

sistem menejemen database yang berbeda dari sistem menejemen database relasional yang klasik dalam beberapa hal. NoSQL mungkin tidak membutuhkan skema table dan umumnya menghindari operasi join dan berkembang secara horisontal. Akademisi menyebut database seperti ini sebagai structured storage, istilah yang didalamnya mencakup sistem menejemen database relasional.




Sumber:


Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar