GAME CLICK CLACK AWAY

tulisan blog kali ini ngebahas tentang project game yang dibuat deket deket sidang PKB. game berbasiskan prolog. sedikit gambaran mengenai interface game serta cuplikan cuplikan dari game ini sendiri. semoga bisa menjadi pencerahan buat temen temen yang kesulitan mencari refrensi untuk pembuatan game menggunakan strawberry prolog. untuk listing program bisa langsung pm saya di ym :)

Apa itu Prolog?

Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non procedural. Namanya diambil dari upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer. prolog menggunakan teknik pencarian yang di sebut heuristic (heutistic) dengan menggunakan pohon logika (Wikipedia)

download Strawberry Prolog disini

Perkenalan : CLICK CLACK AWAY

merupakan permainan dengan konsep AI (Artificial Intelligence) dimana user berusaha untuk mengalahkan komputer yang telah di beri pembelajaran untuk memenangkan permainan. Click Clack Away merupakan game semacam matches (game Strawberry Prolog). Player dan Komputer berlomba untuk tidak mendapatkan giliran terakhir dalam menghabiskan item apel-apelnya dengan prinsip take the last you fool. terdapat timer selama 20 detik setiap sekali permainan. player harus menyelesaikan permainan sebelum waktu habis.

(Interface Game)


MANUAL BOOK

INITIAL STATE :
Penggunaan initial state sebagai acuan untuk membuat program Click Clack Away adalah pembuatan area permainannya. Penulis menggunakan gambar Apel yang berukuran 56x60 sebagai pengganti “korek api”. Game Click Clack Away merupakan Permainan Mental seorang pemain melawan AI komputer. Pada game ini akan menampilkan 16 spot/apel dalam 4 baris dan 7 kolom dan kolom menyusun meningkat. Game ini akan mengasah otak pemainnya. Pemain harus untuk menerapkan strategi yang tepat untuk memenangkan game ini. Permainan ini hanya satu pemain, sedangkan Komputer bertindak sebagai lawan dari pemain.

(Papan Permainan)


RULES :
            Aturan main (Rules) pada games Click Clack Away  ini adalah sebagai berikut :
1.      User memulai permainannya terlebih dahulu, dan user menentukan apel mana yang akan user ambil untuk memulai permainan. User diberi kebebasan untuk memilih apel mana saja yang akan diambil selama berada di papan permainan.
2.      Komputer melakukan pembelajaran untuk menghalangi jalan user untuk mencapai Goal (Tujuan).
3.      Komputer juga melakukan pembelajaran untuk memenangkan games ini menyisakan apel terakhir untuk user ambil (mengambil lebih dahulu dari user)

GOAL :
            Goal (tujuan) untuk menyelesaikan games Click Clack Away ini adalah mengambil lebih dulu dari lawan kita yaitu Komputer. Dengan menyisakan 2 buah apel pada permainan maka user dapat menang. Banyak sekali cara untuk mencapai goal(tujuan) terbentuk, salah satunya adalah sebagai berikut:

(MENANG)

(KALAH)


Konsep AI :
Kecerdasan buatan atau AI pada game ini terletak pada computer yang akan bertindak sebagai lawan. Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user. Komputer dapat menyusun strateginya sendiri agar menjadi pemenang. Konsep AI pada game ini terletak pada komputer yang akan bertindak sebagai lawan dari user. Komputer akan selalu berusahan mengalahkan user dengan menghalangi langkah user menyisakan apel terakhir.

Game ini menggunakan Runut-balik (backtracking) Algoritma Runut-balik adalah algoritma yang berbasis pada DFS untuk mencari solusi persoalan secara lebih Praktis. Runut-balik, yang merupakan perbaikan dari algoritma brute-force, secara sistematis mencari solusi persoalan di antara semua kemungkinan solusi yang ada. Dengan metode runut-balik, kita tidak perlu memeriksa semua kemungkinan solusi yang ada. Hanya pencarian yang mengarah ke solusi saja yang selalu dipertimbangkan. Akibatnya, waktu pencarian dapat dihemat.

Runut-balik merupakan bentuk tipikal algoritma rekursif. Saat ini algoritma runut-balik banyak diterapkan untuk program games (seperti permainan tic-tac-toe, menemukan jalan keluar dalam sebuah labirin, catur, dll) dan masalah-masalah pada bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence).


OUTPUT PROGRAM

(START)


(RULES)


(ABOUT)

(WAKTU HABIS)

(EXIT)

4 komentar:

arrumsuperbond mengatakan...

hai, aku boleh minta codingnya ga? :)

Unknown mengatakan...

ka ini cara set timer nya gimana yak ? mohon bantuannya :)

Qurrota Aini mengatakan...

bisa download disini ya https://t.co/AdGbaKp8

Bhezhe mengatakan...

ijin nyimak aja yah kak, masih belum ngerti soalnya.. hihihi.. ilmu yang sangat bermanfaat kaka, terus share ya tentang ilmunya.. ^^

Posting Komentar