KONVERSI BILANGAN

berhubung besok UTS pelajaran Organisasi Sistem Komputer (OSK) sekalian buat belajar saya nulis salah satu materi bahan uts yakni konversi bilangan. #semoga lancar, amiin

Proses konversi bilangan ada 4 : Konversi bilangan desimal, biner, oktal, heksadesimal.


Pengertian:
  1. Bilangan Desimal : meupakan bilangan berbasis 10. dimulai dari angka 0 hingga 9. setelah angka 9 dilanjutkan angka 10, 11, 12 dst secara berurutan. Ex : 1910
  2. Bilangan Biner : merupakan bilangan yang sering digunakan pada bahasa mesin. bilangan ini berbasis 2 yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1. ex : 1011012
  3. Bilangan Oktal : merupakan bilangan berbasis 8. dimana angkanya dimulai dari 0 hingga 7. setelah angka 7 dilanjutkan 10,11,12..17 kemudian 20,21,22..27 dst. ex : 148
  4. Bilangan Heksadesimal : merupakan bilangan berbasis 16. terdiri dari 16 simbol. dimana angkanya dimulai dari 0 hingga 9 dilanjutkan A, B, C..F kemudian 10,11,12..dst

sekarang kita bahas step by step, one by one proses konversi..

Konversi Desimal ke ..

Desimal - Biner
jika soal meminta konversi dari 2910 = ... 2
maka caranya dengan membagi bilangan  dengan 2. oia, jangan lupa, harus menuliskan sisanya, karena hasil sisa inilah yang kita pakai.

29/2 : 14 | 1 ------ red: 14 sisa 1
14/2 : 7 | 0
7/2   : 3 | 1
3/2   : 1 | 1
1/2   : 0 | 1
*jawabannya adalah seluruh hasil sisa dibaca dari bawah ke atas 

Jadi , konversi bilangan 2910 = 11101


Setelah Desimal ke biner , lanjut ke step slanjutnya ya..

Desimal - Oktal
gak jauh beda dengan konversi ke biner karena masih menggunakan metode pembagian, untuk oktal perbedaannya hanya di angka pembaginya yakni 8.
Jika soal meminta konversi 2910 = ..... 8
29/8   : 3 | 5 ----- red : 3 sisa 5
3/8     : 0 | 3
*hasil dibaca dari bawah ke atas

Maka  konversi 2910 = 35 8

Urusan dengan oktal udah , sekarang ke...
  
Desimal - Heksadesimal
yang pasti kalo dari Desimal mau dikonversikan ke bilangan apaapun tetap menggunakan metode pembagian. hanya berbeda di angka pembaginya sesuai basis yang dipergunakan. untuk heksadesimal harus diingat 16!
jika soal meminta konversi 24210 = .... 16

226/16 :  14 | 2
14/16   :  0   | 14 ------ ingat 14 desimal pada heksa adalah E
*hasil dibaca dari bawah ke atas
Jadi konversi 24210 = E2 16


Pembahasan konversi desimal udah, lanjut ke step slanjutnya 

Konvers Biner ke ... 

Biner - Desimal 
Pada pengkonversian biner metode yang dipergunakan adalah perkalian setiap bit biner dengan 2 sesuai dengan increement perpangkatannya. mulai dari 2 pangkat 0 hingga 2 pangkat n. saat melalukan perkaliannya pun posisi angka biner dirubah penulisannya dari kanan ke kiri.

ex : 111012 = ..... 10
1 -------- 1 x 2 pangkat 0 = 1
0              0 x 2 pangkat 1 = 0
1              1 x 2 pangkat 2 = 4
1              1 x 2 pangkat 3 = 8
1              1 x 2 pangkat 4 = 16 ------ > perhatikan nilai dari pangkatnya meningkat dari 0 bertambah satu terus
*hasil dengan menjumlahkan hasil perkalian seluruhnya 1+0+4+8+16 = 29

jadi, konversi 111012 = 29 10

Biner - Oktal
untuk konversi Biner ke oktal metode yang kita gunakan cukup dengan memisahkan biner sesuai dengan jumlah bit pada oktal yakni 3 bit kemudian lakukan konversi seperti pada konversi ke desimal namun dilakukan terpisah.
kenapa 3bit?? karena pada oktal maximalnya adalah 7 ---> 111
ex: 1010012 = ..... 8

lakukan pemisahan 3 bit :           101        dan       001
*tidak perlu dirubah posisi

jika dilakukan konversi ke desimal 101 hasilnya adalah 5 sedangkan 001 hasilnya adalah 1. kemudian digabungkan. jadi hasil 1010012 adalah 51 8

berhubung ini pas 6bit enak dilakukan pemisahan per 3 bit. lalu bagaimana jika ada 8?? gak usah bingung, sama aja cuma saat dilakukan pemisahan akan tersisa 2bit. ingat pemisahan dilakukan dimulai dari kanan ke kiri. ex : 110010102

lakukan pemisahan 3 bit :           11       001     010
pengkonversian desimal              3          1          2   8

simple kan?? 312 tidak perlu dikonversikan lagi karena ini konversi akhir (hasil)

Biner - Heksadesimal
masih sama dengan operasi konversi pada oktal perbedaannya adalah pemisahan bitnya. pada heksadesimal jumlahnya adalah 4bit. ingat pemisahan dimulai dari kanan ke kiri!!!

kenapa 4 bit?? karena maximal pada heksadesimal adalah 15 ----->  1111 
ex: 1011012 = .... 16

pemisahan :                              10       dan     1101
konversi desimal                        2                    13   ---->  pada hexa , desimal 13 merujuk huruf D

jadi koneversinya adalah 2D16 


Konversi desimal udah , Biner udah . next step ..

Konversi Oktal .. 

Oktal - Desimal
untuk konversi yang ini gampang aja, cukup dikali perpangkatan 8. ingat saat melakukan perkalian lakuakan dari kanan ke kiri. kemudian dijumlahkan
ex: 198 = ... 10

9    x 8 pangkat 0  = 9
1    x 8 pangkat 1  = 8+
      hasil                   17 10

 
Oktal - Biner

ingat pada oktal berlaku pemisahan 3 bit. jadi jika kita memiliki angka 478 maka, angka 4 jika dikonversikan ke biner 100 dan angka 9 menjadi 111. jadi hasil konversinya adalah 100111 2

Konversi Heksadesimal ..
dilanjutin ntar lagi yaaa.. mau belajar dulu soalnya :D
 
Category: 0 komentar

0 komentar:

Poskan Komentar