BLENDER

selamat malam..
lagi pengen ngebahas tentang blender nih. blender yang dimaksud juga bukan perkakas dapur tetapi semacam Aplikasi pembuatan objek seperti 3D Max. Blender merupakan salah satu software open source pemodelan terpopuler. biasa dipakai dalam grafik komputer. Grafik Komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data(wikipedia). semacam ini penampakannya:


oke gak banyak yang bisa diceritakan dari blender ini karena saya sendiri gak tau banyak, sedikit ribet, repot dan keteteran ketika dalam pembuatan projek animasi praktikum grafkom waktu lewat atau mungkin karena saya yang mempelajarinya dalam waktu relatif singkat sekitar 4mingguan sehingga tidak memberikan kesan yg mendalam terhadap software yang satu ini. sekian.

(update)
 INTRODUCING MY 1st BLENDER ANIMATION
- BEE BASK- 

(interface animasi)

oke. projek selanjutnya adalah animasi hewan mata praktikum grafik komputer. baru juga selesai sidang projek PKB udah dapet projek animasi. yang belum tau ini apaan,semacam animasi sederhana ngegunain blender 2.60. sangat kepepet pas ngebuatnya detik demi nyelesein projek animasi dari grafkom ini kurang dari 6 jam.  seharusnya waktu pembuatannya dalam 3mingguan. semacam gambar anak tk ya? maklum deh segini juga udah sangat cukup baik untuk kelas pemula ukuran selevel saya yang gak tau apa-apa dan terpaksa membuatnya. setelah kepo kesana kemari secara ajaib blender dan manual book animasi jadi pagi buta. semacam keberuntungan. animasi yg saya buat mudah nih tanpa bone, cuma butuh beberapa UV sphere untuk badan, sayap mata dan salju. sedangkan Cone pada pohon cemara, tanduk serta mulut dari lebah. selebihnya ngegunain cylinder. senjatanya cuma ALT+D buat duplikat, tombol "s" untuk skala, kemudian "z" untuk mengatur bentuk dasarnya dan tombol "r" untuk rotate objek. klik tombol smooth pada panel berfungsi untuk penghalusan objek pada saat rendering. untuk melihat hasil klik tombol F12 untuk render image. dan tarraaaa objek serta karakter pun selesai.

setelah pembentukan objek, karakter dan latarbelakang selanjutnya adalah dengan penyettingan timeline. klik tombol radiobutton yg berwarna merah pada bagian bawah, dan klik juga tombol keyframe yg bergambar kunci untuk mulai merekam pergerakan objek. kali ini saya set ends time pada timeline adalah 40s. jadi selama 40 detik ini kita mengatur keyframe dari objek yang ingin digerakkan ataupun dirubah posisi dalam jeda waktu yg berbeda. setelah selesai, klik tombol play pada bagian bawah blender untuk melihat hasilnya. 

yang mau liat hasil akhir animasi geraknya gak tau harus gimana. sedikit gambaran animasi awal ini pada sayap lebah yg bergerak gerak pelan kemudian salju yang sedikit demi sedikit turun hingga habis tidak terlihat lagi dan si lebah pun pergi meninggalkan taman cemara tersebut.

selamat menikmati animasi yang tidak seberapa ini. terimakasih
Category: 2 komentar